Menu
  • loading...

Resep Es sarang Burung dengan Sprite Yang Segar


Kalo panas panas begini enaknya bikin minuman yang seger seger bunda.mudah sekali kok caranya kita hanya perlu beberapa bahan saja
untuk es sarang burung ini kita menggunakan minuman kemasan yaitu sprite biar tambah segar
ok langsung saja kita siapkan bahannya



Bahan-bahan yang dibutuhkan
1 bungkus agar-agar warna merah atau sesuai selera bunda
3 sdm gula pasir sesuai selera
1 botol sprite yang besar

Cara membuat es sarang burung sebagai berikut

  • Masak agar dengan 3 gelas belimbing masukkan gula pasir

  • Taruh dalam wadah lalu didinginkan

  • Setelah agar mengeras serut dengan parutan keju

  • Taruh dalam wadah masukkan sprite dingin

  • melon dipotong atau dibikin bulat

  • Satu sendok selasih

  • Sajikan dengan es batu

Nah itulah bunda cara membuat es sarang burung dengan sprite dijamin segar banget.pasti semua suka semoga bisa menambah inspirasi minuman ya bunda terima kasih

Resep Es Lidah Buaya Yang Segar


Selamat siang bunda semuanya kali ini saya akan berbagi resep cara membuat es lidah buaya yang seger dinikmati waktu siang hari.simpel sekali kok bunda bahannya pun ada di sekitar kita. Es lidah buaya ini bisa untuk memperlancar BAB lho bunda karena banyak mengandung lidah buaya nya. yuk langsung saja kita buat



Bahan-bahan yang dibutuhkan

100 gram lidah buaya
1 lembar daun pandan
1 buah jeruk nipis
Sesuai selera gula pasir
Selasih (rendam hingga mengembang)
Sirup cocopandan
Es batu

Cara Membuat es lidah buaya
  1. Kupas lidah buaya lalu potong dadu. Bersihkan hingga lendirnya hilang (saya sampai 6-7 kali cuci ) biar kasat.

  2. Rebus potongan lidah buaya ke dalam air mendidih kurang lebih selama 20 menit, tiriskan.

  3. Rebus gula pasir dengan air dan pandan, lalu masukkan sirup cocopandan nya.

  4. Diamkan hingga dingin.

  5. Masukkan potongan lidah buaya yang ditiriskan tadi, kemudian tuang sirup nya, lalu masukkan biji selasih yang sudah mengembang.

  6. Sajikan dengan es batu.
Nah itulah bunda resep cara membuat es lidah buaya yang segar dan mantap.Semoga bermanfaat ya bunda dan menambah referensi minuman kita

Resep Karedok Khas Bandung Yang Maknyus


Kalau bunda sudah pernah ke bandung belum lengkap kalau ngga mencoba karedok khas bandung.karedok ini terdiri dari sayuran yang segar bunda.bahannya pun mudah didapatkan. Orang sunda suka sekali sayuran sebagai lalapan.Emang cocok karedok ini dinikmati bersama nasi hangat dan sangat menggugah selera makan.

karedok

Bahan-bahan yang dibutuhkan Bumbu ulek
3 buah cabe rawit merah
3 buah kencur
2 siung bawang putih
2 sendok makan kacang tanah yang sudah digoreng
secukupnya Gula merah
secukupnya Garam dan air
Bawang goreng
Sayuran dipotong - potong
Kacang panjang mentah dicuci dan dipotong kecil
Timun dibersihkan dan dipotong kecil atau sesuai selera
Kol dibersihkan dan diiris
Segenggam taoge yang sudah dicuci dan dibersihkan

Cara membuat karedok
  1. Bawang putih,cabe rawit merah, kencur,garam,dan sedikit bawang goreng diulek sampai halus.

  2. Saat sudah mulai setengah halus masukan kacang tanah goreng.

  3. Ulek lagi hingga kacang tanah hancur.

  4. Setelah itu campurkan gula merah,ulek lagi.

  5. Saat gula merah halus tambahkan air sedikit. Aduk. Periksa rasa apakah sudah pas.

  6. Selanjutnya sayur yang telah dipotong masukan dalam ulekan tadi.

  7. Tekan sedikit lalu aduk hingga menyatu dengan bumbu kacang. Karedok jadi.

  8. Dalam penyajiannya taburi bawang merah goreng.
Itulah bunda cara bikin karedok khas bandung yang enak. simple sekali kan cara membuatnya.karedok ini juga pas dimakan dengan campuran nasi hangat yang bisa menambah selera makan bunda. selamat mencoba ya bunda semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah referensi masakan bunda. Terima kasih

Resep Martabak Telur Spesial dan Cara Membuatnya


Salah satu kuliner dan jajanan yang sangat terkenal di Indonesia & sanggup ditemukan hampir di seluruh daerah negara kita merupakan Resep Martabak. Ya, dengan mudah kita temukan penjual martabak telur, martabak manis dan martabak kecil. Bahkan saat ini, beberasa resep turunan dari masakan satu ini, seperti resep martabak tahu, martabak telur tahu & resep martabak mie pun poly dicari orang. Seperti resep yg lain, kunci cara membuat martabak yg lezat   & lezet selain isinya adalah cara menciptakan kulit martabak. Tentu saja, isinya pun jua krusial, seperti daging cincang, daun bawang & yg lainnya.
Seperti resep martabak yg lain, kunci menurut menciptakan resep martabak telur yang enak & lezat   terletak dalam cara pengolahan & bahan bahan yang dipakai. Tidak misalnya martabak manis yang hanya membutuhkan campuran kulit martabak, selain membutuhkan kulit martabak yg berkualitas cantik, cara menciptakan martabak telur khas  lezat   jua memerlukan adonan isi martabak yg pas. Pada umumnya, penjual martabak yang umumnya kita jumpai menggunakan daging cincang & banyak sekali bumbu lain untuk bahan isiannya. Selain itu, umumnya mereka menggunakan telur bebek buat mencampur isian ke kulit matabaknya, tetapi jika teman sahabat mau, telur bebek sanggup diganti dnegan telur ayam, cuma butuh telur yang lebih poly mengingat ukurannya yang beda.
Mungkin teman teman beranggapan kalau dengan gampang sanggup beli di penjual martabak telur dekat rumah, kenapa wajib  repot repot membuatnya sendiri. Buat teman teman yang super sibuk mungkin hal ini tepat, tetapi jika sahabat teman punya sedikit saat kenapa nir kita belajar cara menciptakan kuliner ini sendiri pada tempat tinggal  ? Selain tentu lebih berhemat, kita bisa sedikit berkreasi menggunakan resep martabak telur yg akan kita buat, seperti menambahkan rabat jamur, mengubah daging cincang menggunakan seafood, daging ayam atau yg lainnya tergantung kesukaan. Tetapi buat kali ini, kita akan menciptakan martabak telur sederhana dengan isi daging cincang.

Bahan & Bumbu Resep Martabak Telur Sederhana Spesial


  1. Bahan primer yg diperlukan merupakan tepung terigu yg mempunyai kandungan protein sedang lebih kurang sebanyak 200 gram saja (bahan kulit martabak).
  2. Garam dapur beryodium secukupnya atau sekitar sebesar 1/4 hingga setengah sendok kecil atau sendok teh.
  3. Air bersih secukupnya atau lebih kurang sebanyak 140 ml.
  4. Telur ayam 1 butir buat membuat kulit martabaknya.
  5. Minyak secukupnya buat menggoreng martabaknya nanti & 50 gr minyak buat adonan bahan campuran kulitnya.
  6. Daging sapi cincang kecil kecil atau mampu juga menggunakan daging giling lebih kurang sebanyak 200-250 gram saja.
  7. Daun bawang segar kualitas cantik lebih kurang sebanyak 3-lima batang ukuran sedang akbar. Cuci higienis sebelum digunakan & iris halus halus buat isi martabaknya.
  8. Bawang putih berukuran sedang akbar sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya lalu cincang bawang putihnya hingga benar benar halus buat bahan isi martabak.
  9. Bawang bombay ukuran sedang besar  kualitas bagus sebesar 1 buah pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris halus buat isi martabak.
  10. Bawang merah lokal berukuran sedang besar  sekitar sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya lalu iris iris halus/rajang buat bahan isian martabaknya nanti.
  11. Lada serbuk atau halus secukupnya sinkron kesukaan atau sekitar sebesar 1/2 sendok mini  .
  12. Garam dapur beryodium dan bumbu penyedap rasa secukupnya.
  13. Telur bebek atau telur ayam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4 pcs buat menciptakan adonan diatas (1-dua buah per porsi).


Cara Membuat Martabak Telur Sederhana


  1. .Langkah pertama merupakan menciptakan kulit martabaknya.
  2. Ambil satu wadah berukuran sedang akbar. Masukkan tepung gandum protein sedang yang sudah dipersiapkan dan garam dapur beryodium. Aduk aduk rata sampai ke 2 bahan tercampur homogen.
  3. Pecahkan satu buah telur & tambahkan ke campuran tepung diatas. Aduk mixer sampai tercampur rata.
  4. Masukkan air bersihnya sedikit-sedikit sambil diaduk mixer menggunakan tangan/diuleni sampai adonan menjadi kalis. Tambahkan air bila diperlukan.
  5. Bagi campuran menjadi 2 bagian lalu bentuk menjadi bulatan. Olesi bagian luar adonan dengan minyak kemudian pisahkan sebentar atau sekitar selama 10-13 mnt.
  6. Lapis bagian luar campuran kulit martabak menggunakan minyak lagi lalu taruh pada baskom dan tutup menggunakan kain selama kurang lebih satu jam.

Langkah kedua merupakan menciptakan isi martabaknya.


  1. Siapkan penggorengan & beri minyak sedikit saja.
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay yang telah pada rajang halus. Aduk aduk sementara waktu sampai tercium bau harum.
  3. Masukkan daging cincang atau daging giling yg telah dipersiapkan ke dalamnya. Aduk mixer semua bahan supaya tercampur rata hingga daging relatif matang.
  4. Masukkan daun bawang & lada halus. Aduk aduk rata dan tumis lagi seluruh bahan sampai daging cincang matang.

Langkah terakhir merupakan membuat martabak telurnya.


  1. Ambil satu campuran kulit dan pipihkan menggunakan cara menekan menggunakan telapak tangan relatif memutar hingga adonan melebar.
  2. Pegang ke 2 ujung campuran kulit kemudian putar menurut kiri kekanan sampai adonan melebar lagi. Lakukan berulang sampai didapat lebar yang diinginkan dan campuran kulit martabak menjadi tipis.
  3. Ambil bahan isian martabak secukupnya atau kira kira setengah bagian. Masukkan ke dalam kocokan telur dan masukkan garam dapur, bumbu penyedap rasa apabila senang, aduk rata kocok sampai rata.
  4. Tuang isian martabak ke atas kulit martabaknya.
  5. Ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya hingga tertutup rata. Goreng martabak dan bolak balik  sampai matang & berwarna kecoklatan.

Bagaimana dari teman teman cara menciptakan martabak telur diatas? Cukup sederhana bukan? Memang buat menciptakan kulit martabaknya sedikit membutuhkan waktu yang agak lama  , namun sebenarnya cukup sederhana bukan. Selain lebih menghemat, membuat Resep Martabak Telur Spesial tentu lebih mengasyikkan buat membuatnya sendiri pada rumah. Untuk ide yg lain, silahkan mencoba Resep Martabak Mie Sosis & Resep Martabak Manis Holand Keju Coklat. Selamat mencoba martabaknya & ingat share pula ke famili atau teman lain ya

Resep Nasi Bakar Ayam Jamur Yang Menggugah Selera


Selamat pagi Bunda bagaimana kabar hari senin ini? saya akan berbagi resep cara membuat nasi bakar ayam jamur yang enak dan mantap.Nasi ayam jamur ini hampir mirip dengan arem arem tapi lebih besar bunda dan isinya pin lebih banyak jadi kalau dimakan satu orang sudah kenyang. Ok langsung saja kita persiapkan bahan bahannya



Bahan Bahan yang dibutuhkan untuk resep ayam bakar ini
  • Bahan nasi

  • 2 cup nasi

  • 1 batang sereh yang digeprek

  • 2 lembar daun salam

  • 2 lembar daun jeruk

  • 3 ikat daun kemangi

  • Cabe rawit secukupnya direbus sebentar

  • Garam dan gula

  • Untuk bumbu halus 5 bawang merah

  • 1 bawang putih

  • 1 sdt ketumbar

  • 10 cabe keriting merah dan 4 buah cabe rawit
Cara membuat nasi bakar ini sebagai berikut
  1. Masak nasi seperti biasa lalu sisihkan biar matang

  2. tumis bumbu halus dengan laos,serai,salam dan  daun jeruk hingga matang

  3. tambahkan ayam suwir dan jamur kemudian aduk hingga jamur layu kemudian koreksi rasa teruskan mengaduk sampai layu kemudian masukan daun kemanginya

  4. Tata nasi pada daun pisang kemudian beri tumisan ayam jamur diatas nasi tersebut dan cabe rawit rebus 1 buah ditengahnya

  5. Gulung seperti lontong dan pinggirnya ditusuk menggunakan tusuk gigi atau yang lainnya

  6. Kemudian bakar nasi diatas pan panas hingga daun berwarna kecoklatan
Itulah bunda resep nasi bakar ayam jamur yang simpel mudah bukan.Nasi bakar ini hampir mirip dengan nasi timbel khas jawa barat cuma kalau yang kita bikin ini isinya bervariasi.Nasi ayam timbel ini cocok untuk sarapan di pagi hari dan disajikan dalam keadaan hangat ya bunda.

Resep Nugget Ayam Wortel Tanpa MSG


Mendengar kata nugget pasti yang terlintas di kepala bunda makanan cepat saji.Wajar saja karena saat ini banyak sekali produk produk nugget yang diproduksi masal oleh pabrik.Namun apa salahnya kalau kita membuat nugget yang sehat tanpa msg.Kebanyakan anak kecil suka sekali dengan nugget karena rasanya yang enak dan berbagai macam varian rasa pun ada.Nah bunda Kali ini saya akan berbagi resep cara membuat nugget ayam wortel tanpa msg.tentu lebih sehat ya yuk langsung saja kite persiapkan bahan bahannya.



Bahan bahan yang dibutuhkan
  • 500 gram dada ayam

  • 6 butir bawang putih

  • 4 butir bawang merah

  • 2 butir telur

  • 3 sdm tepung panir

  • 5 sdm terigu

  • 3 sdm tapioka

  • 3 sdt lada bubuk

  • 2 buah wortel

  • 2 batang daun bawang untuk pelapis 2 butir telur dan tepung terigu dan panir secukupnya
Cara membuat nugget ayam wortel tanpa msg yang maknyus
  1. Daging ayam dicuci bersih kemudian ambil dagingnya saja lalu haluskan dengan blender sampai lumat betul

  2. Kemudian uleg bawang merah,bawang putih lada bubuk garam dan gula (biar sedikit gurih karena nugget ini tidak menggunakan msg)

  3. Serut wortel yang sudah dikupas kulitnya dan dicuci bersih dengan serutan keju serta iris tipis tipis daun bawang

  4. Kemudian campurkan ayam yang sudah halus dengan bumbu yang sudah diuleg tadi dan juga sayurannya

  5. Tambahkan tepung tapioka,tepung terigu,telur dan panir kemudian aduk hingga rata

  6. Taruh di loyang yang sudah diolesi minyak terlebih dahulu kemudian dikukus selama 25 menit

  7. Setelah matang didinginkan terlebih dahulu masukan pada telur dan kemudian tepung panir

  8. Kemudian di goreng dan siap disajikan untuk sisa yang lain bisa disimpan dalam freezer
Nah itulah bunda cara membuat nugget ayam wortel tanpa msg dalam percobaan saya ini bisa menjadi 60 buah nugget yang siap goreng.nugget ini selain sehat dan juga tanpa pengawet bunda karena buatan sendiri praktis bukan.selamat mencoba bunda semoga bisa menambah referensi masakan bunda semuanya.terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini semoga bermanfaat ya bunda.selamat siang dan selamat hari senin

Resep Minuman Syukalata Adeni Yang Menyegarkan banget


Selamat pagi bunda musim hujan enaknya minum minuman yang manis dan hangat kali ini saya akan berbagi resep Syuakalata adeni adalah minuman coklat dengan campuran rempah khas timur tengah. Syukalata berarti "coklat" dalam bahasa arab. Saya mengadaptasi resep ini dari resep teh adeni yang belakangan malahan menjadi best seller di rumah kue salwa.

Hanya dengan mengganti teh dengan coklat ternyata membuat "Syukalata adeni" ini menjadi minuman coklat hangat yang unik dan kaya khasiat syuakalata adeni adalah minuman coklat dengan campuran rempah khas timur tengah. Syukalata berarti "coklat" dalam bahasa arab. Saya mengadaptasi resep ini dari resep teh adeni yang belakangan malahan menjadi best seller di rumah kue salwa.

Hanya dengan mengganti teh dengan coklat ternyata membuat "Syukalata adeni" ini menjadi minuman coklat hangat yang unik dan kaya khasiat mau coba bunda dan juga share ke bunda yang lainnya

Bahan-bahan 5 porsi

  • 100 gram Jahe

  • 1 sendok makan Kapulaga

  • 5 butir Cengkeh

  • 5 cm Kayu Manis

  • 1 liter Air

  • 2 sendok makan Cokelat Bubuk

  • 2 sendok makan cokelat couveture

  • 5 sendok makan Gula Pasir

  • 200 ml Susu Evaporated

Cara membuat minumannya hanya 30 menit

  1. Masak air bersama kalpulaga, jahe, cengkeh,kayu manis dan jahe sampai mendidih

  2. lalu kecilkan api dan masak sampai warna air kecoklatan.

  3. Dalam gelas ukur /poci, masukan gula pasir, cokelat bubuk, cokelat couveture.

  4. Tuang air rebusan ke dalam poci sambil disaring 200 ml saja.

  5. aduk rata sampai gula pasir dan coklat larut.

  6. Tambahkan lagi air sampai 800ml, aduk rata. masukan susu evaporated. aduk lagi sampai rata.Syukalata adeni siap disajikan.

itulah bunda cara membuat minuman syukalata ala timur tengah yang cocok sekali dinikmati dikala hujan.ramuan minuman ini selain menghangatkan badan juga berkhasiat karena banyak rempah rempahnya.Minuman ini terasa enak jika dinikmati dalam keadaan hangat bunda.tidak usah jauh jauh ke arab untuk menikmati minuman bisa dibuat sendiri di rumah.semoga bermanfaat ya bunda selamat mencoba dan share jika ingin berbagi dengan bunda yang lain.

Resep Jamur Enoki Yang Crispy Banget


Kuliner dari bahan jamur memang banyak dan bervariasi salah satunya jamur enoki.Para pecinta jamur dan vegetarian pasti sangat suka tips ini. Jamur enoki bisa dibuat cemilan dan teman lauk pauk buat makan bunda.Kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara membuat jmur enoki ini bisa crispy banget  kayak diresto resto gitu dan enak tentunya.memang cara membuat jamur ini bisa crispy dan bagus tentunya perlu kesabaran dalam membalurkan dan menggorengnya, harus satu satu ya bunda agar tidak saling menempel jamurnya kan jadi kurang maksimal tampilannya.Oke langsung saja kita persiapkan  bahan bahan untuk jamur enoki yang crispy ini



Bahan bahan yang diperlukan

  • 2 bungkus jamur enoki

  • 1/2 sdt bubuk bawang putih

  • garam dan merica secukupnya

  • 1 butir telur ayam

  • 200 gram tepung bumbu crispy

Cara membuat jamur enoki yang crispy
  1. potong akar jamur enoki, pisahkan jamur satu satu dan cuci bersih lalu sisihkan

  2. Kocok telur ayam  dan taburi bubuk bawang putih ,merica dan garam secukupnya

  3. Celupkan jamur ke adonan telur lalu gulingkan di tepung bumbu

  4. Proses mencelupkan dan mengguling gulingkan jamur ini harus sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal ya bunda karena hasilnya nanti tidak bagus ketika digoreng akan terlalu tebal seperti pisang goreng

  5. sajikan dalam wadah yang sudah disiapkan
Nah itulah bunda cara membuat jamur enoki crispy banget meskipun dalam proses pembuatan dan penggorengan harus sabar.mudah kan bunda cara membuatnya pastikan rasanya tidak kalah dengan yang di restoran restoran mahal.Jamur crispy ini enak sekali jika dinikmati dalam keadaan hangat ya bunda karena kalau kelamaan kena udara crispinya akan berkurang.

Jamur enoki ini bisa dijadikan hidangan penutup bunda dan cemilan yang sehat.Jamur enoki ini kaya akan serat lho bunda karena jamur ini mudah dicerna oleh tubuh dan bergizi pula.Bagi bunda pecinta jamur resep ini pantas di coba.dan anak anak pasti suka karena bentuknya yang unik dan suaranya yang krenyes krenyes.Selamat mencoba ya bunda semoga tips ini bermanfaat terimakasih sudah membaca artikel ini

Resep Sambal Terasi Yang Maknyus



Selamat siang bunda sudah lama sekali saya tidak posting resep makanan.kali ini saya akan berbagi resep cara membuat sambal terasi yang maknyus beserta lalapannya.Sambal terasi memang enak jika dinikmati dengan nasi hangat.Kombinasi sambal terasi bisa dengan buah mentimun,terong,kacang panjang,pete daun kemangi ayam goreng,tempe goreng dan sebagainya.
Membuat sambal terasi ini cukup mudah bunda hanya beberapa menit saja sudah bisa dinikmati asal bahannya sudah tersedia ya.Kalau begitu langsung saja kita siapkan bahan bahannya ya bunda

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 15 buah cabai merah

  • 10 buah cabai hijau

  • 10 buah cabai rawit

  • 2 buah bawang putih

  • 3 buah bawang merah

  • 1 buah tomat ukuran sedang

  • 1/2 sdt terasi

  • secukupnya Gula

  • secukupnya Garam

  • secukupnya Minyak goreng

Kemudian langkah selanjutnya membuat sambal terasinya

  1. Siapkan wajan untuk menggoreng cabai,bawang merah,bawang putih,tomat dan terasinya ,goreng hingga lunak atau warna sudah kekuning kuningan dan pastikan jangan terlalu matang ya bunda

  2. Setelah semua bahan tadi yang digoreng dimasukan kedalam cobek yang sudah bersih,lalu uleg cabai,bawang merah,bawang putih serta tomat dan terasinya

  3. Kemudian tambahkan gula garam secukupnya pastikan semua tercampur dengan merata ya bunda

  4. Sajikan bisa ditambah dengan lalapan

Nah mudah kan bunda cara membuat sambal terasi yang menggoda selera.sambal terasi ini cocok sekali disantap di pagi hari.hmmmm kebayangkan enaknya.Bagi yang kurang suka dengan aroma terasi ikan bisa tanpa terasi ya bunda tapi ya rasanya mungkin agak kurang mantap.

Sambal terasi ini bisa bertahan lebih dari sehari bunda.asalkan setelah selesai ditaruh dalam wadah yang rapat dan disimpan dalam almari es.sambal terasi ini cocok dimakan bersama anggota keluarga.rasa pedas dalam cabai juga bisa bermanfaat bagi kesehatan bunda.selain badan jadi hangat kandungan vitaminc dalam cabai sangat tinggi dan kaya serat pula.itu akan berefek di pagi hari akan terasa lancar Buang air besarnya.

Kreasi sambal terasi sangatlah mudah diaplikasikan dengan makanan jenis apapun.cocok sebagai makanan pendamping dalam acara hajatan atau acara bakar bakar makan ikan.bagi penyuka makanan pedas sambal terasi ini akan membuat ketagihan ingin makan terus meskipun kepedesan.