Menu
  • loading...

Pandan Sponge Cake yang Lembut dan Lembuuut..meski tanpa emulsifier & pengembang


-

Bismillah..
Akhirnyaa.. bisa juga bikin sponge cake alias bolu pandan idaman. Hasil cake-nya spongy tapi moist, rasanya gurih dari santan dengan aroma pandan yang wangii.. Teksturnya ringan, fluffy, lembut dan lembuuut.. Remahnya juga halus, porinya rapat. Cakenya tinggi tapi ga pake nyusut dan meleyot, hanya turun sedikiiit saja dan ga berkeriput. Saat sudah dingin juga kokoh..

Percobaan sebelumnya gagal. Cakenya menyusut kempes paraaaah.. keriput, meleyot dan berpinggang. Ternyata untuk cake yang volumenya tebal dan dipanggang di loyang bulat seperti ini, sebaiknya dipanggang di suhu rendah. Suhu yang terlalu tinggi membuat adonan cakenya cepat naik dan tinggi di oven. Tapi saat dikeluarkan, kempesnya ga ketulungan. Suhu terlalu tinggi juga rentan membuat cake yang tebal begini tidak matang sempurna dan rata. Bagian atas udah matang (bahkan kulit atas terlalu coklat) tapi bawah ternyata masih agak sedikiiit beremah basah. Kalo diangkat dari oven, bagian bawah yang belum kering benar ini akan membuat cake menyusut ga cantik, bagian bawah akan menjadi cekung. Meski yaa..masih bisa dimakan lah.. :P


Jadi, dari sebelumnya saya panggang di suhu 170-180C, saya jajal panggang di suhu 150C untuk 30 menit awal baru kemudian dinaikkan ke suhu 160 di 25-30 menit terakhir. Adonan naik perlahan dan ga berlebihan. Saat dikeluarkan dari oven tidak menyusut banyak.
Oh ya, tentunya sebelum dipanggang, saya juga pastikan dulu untuk membuang sebanyak mungkin gelembung udara yang terperangkap di adonan. Otherwise, adonan akan naik/ngembang terlalu tinggi di oven tapi pas keluar collapse alias kempes. Caranya dengan menuang pelan-pelan adonan ke loyang (dengan begini gelembung besar akan pecah saat dituang), mengaduk pelan adonan di loyang kemudian loyang dihentakkan sebelum masuk oven..

Selebihnya sih masalah pengadukan alias aduk balik, pemirsa.. Kalo buat amatiran macem saya nih, tahap krusial adalah saat pencampuran tepung dan/atau bahan cair dengan cara aduk balik. Kelamaan aduk karena ga nyampur-nyampur bisa bikin kempes duluan si adonan, tapi kurang sempurna ngaduk juga bisa bantet karena bahan cair (santan kental & minyak) yang belum tercampur akan mengendap di bawah saat dipanggang. Tapi kan, alah bisa karena biasa, yes? Ga usah takut gagal, tar lama-lama juga bisa..*bisa gagal lagi kamsudnya, hihi  >.< :P

Yasud, mari kita liat resepnya yuks..

Pandan Sponge Cake
ala Mama Aisyah
adapted from Naila Hari

Bahan
4 butir telur, suhu ruang *
160 gr gula pasir
160 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang, ayak **
1/2 sdt garam
1 sdt vanila bubuk
60 ml minyak sayur
90 ml santan sedang-kental (dari 30-40 ml santan kental kara yang diencerkan dengan air) ***
3/4 sdt pasta pandan, atau secukupnya

* untuk mempercepat telur mengembang baik, kadang saya rendam dulu telur pake air anget. Telur mengembang baik di suhu hangat ~40C
** untuk hasil yang lebih lembut lagi, bisa gunakan cake flour/tepung terigu protein rendah. Atau bisa juga dengan menambahkan sejumlah maizena (dan mengurangi porsi terigunya)
contoh: ganti 160 gr terigu menjadi [130 gr tepung terigu + 30 gr tepung maizena]
*** sebaiknya tidak dingin dari kulkas, hangatkan sebentar dengan microwave kurang lebih 30 detik. Kalo dingin biasanya trus susah nyampur sempurna di adonan

Cara membuat
1. Panaskan oven 150 C. Alasi loyang bulat diameter 18 cm tinggi 7 cm dengan baking paper (bagian bawahnya saja). Kalo pake loyang yang bongkar-pasang, biarkan tanpa alas dan olesan. Sisihkan
2. Kocok telur dengan handmixer kecepatan 3 (sedang). Saat mulai berbuih/berbusa dan putih, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Teruskan mengocok hingga kental berjejak (dengan handmixer saya butuh 7-10 menitan). Tambahkan garam dan vanila bubuk, kocok rata. 
3. Masukkan tepung dengan cara diayak, 3 tahap. Tiap kali dimasukkan, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata. (bisa juga pake mixer kecepatan terendah, sebentar saja)
4. Masukkan minyak dan santan sedikit demi sedikit, tambahkan sekalian juga pasta pandan kemudian aduk balik dengan spatula (bisa juga pake mixer kecepatan terendah, sebentar saja). Pastikan tidak ada yang tertinggal di dasar mangkok.
5. Tuang adonan ke loyang perlahan. Hentak-hentakkan loyang supaya gelembung udara yang terperangkap hilang. 
6. Panggang selama 30 menit di suhu 150C, kemudian naikkan suhu jadi 160C. Panggang lagi 25-30 menit, atau hingga tusuk gigi dimasukkan keluar bersih.
7. Keluarkan dari oven, hentakkan di atas meja (ini katanya mengurangi penyusutan). Balik loyang sekitar 5 menit di atas rak kawat kemudian segera keluarkan dari loyang, dinginkan cake di atas rak kawat.
Potong setelah benar-benar dingin untuk mendapatkan hasil irisan yang rapih..  

Note: Cake yang dihasilkan tingginya 6 s/d 7 cm

Yang di foto ini masih agak anget jadi kurang rapih hasil potongannya meski pake piso tajem.. maklum, udah ga sabar mo lhep.. :P Yang penting lembutnya tetep kliatan kaan.. :)

Credit to mba Naila Hari untuk resepnya yang yahud. Makasih banyak mba, semoga gapapa yaa resepnya diobrak-abrik sedemikian rupa, hiks.. Karena harus pake loyang bulat, jadi harus disesuaikan disana-sini :)




Selamat mencoba :)




Udang Tahu Bumbu Tauco


-
Selamat pagi bunda Terlalu bosan dengan sajian masakan yang hanya itu-itu saja di rumah mungkin membuat anda harus mencoba mengolah sebuah masakan baru yang lebih fresh dan menyenangkan

Bagi anda para pecinta seafood makan  udang bisa menjadi salahsatu pilihan terbaik yang anda gunakan sebagai bahan utama pembuatan olahan makanan. Padukan menu udang ini dengan berbagai bahan lain yang pada akhirnya akan menyajikan sebuah sajian menarik dan nikmat.

Bagi anda yang suka menu makananan udang bisa anda sajikan dan padukan dengan beberapa bahan lain seperti tauco dan pete. Meskipun bahan makanan yang digunakan ini terbilang ada beberapa orang yang tidak menyukai dan alergi, namun justru bagi para pecintanya menu ini merupakan sebuah makanan yang sangat lezat dan sangat nikmat yang bisa anda coba buat sendiri dirumah.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat menu ini sendiri di rumah dan mencicipi bagaimana lezatnya masakan ini bisa mengikuti resep yang ada di bawah ini. Selamat mencoba berkreasi dan semoga berhasil.oke langsung saja


Udang Tahu Bumbu Tauco

Bahan
250 gr tahu, potong dadu, goreng sebentar
250 gr udang kupas
3 bawang merah, iris tipis
2 bawang putih, geprek, cincang
1 cabai merah besar, iris serong
cabe rawit jika suka pedas
2 lembar daun salam
2 sdm tauco 
1/4 sdt merica bubuk
garam dan gula secukupnya
100-200ml air *)

Cara membuat
1. Tumis duo bawang hingga wangi, tambahkan salam, cabe dan tauco, aduk sebentar
2. Masukkan udang, tumis sebentar kemudian tambahkan tahu dan air. Masukkan gula garam dan merica. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut. Angkat

*) bisa ditambahkan jumlah airnya jika lebih suka berkuah banyak
Selamat mencoba :)
Demikianlah cara membuat udang tauco pedas yang paling sedap dan mantap. Menu udang pete tauco ini sangat nikmat untuk anda hidangkan di kala sedang berkumpul bersama dengan para keluarga di rumah anda. Udang  tauco ini juga bisa anda sajikan kepada teman atau orang-orang terdekat anda yang sangat menyukai olahan-olahan berbahan tauco.

Jangan pernah berhenti berbagi informasi seputar resep masakan anda dengan menekan tombol share di bagian bawah artikel berikut ini. Jangan lupa juga berkomentar pada kolom yang sudah disediakan mengenai resep udang  tauco ini.

Tapi ini masakan simpel kok, insyaAllah mah beda bumbu dikit juga masih enak, hehe.. Kali ini dimasak pedes, jadi bikinnya ga banyak karna yang makan cuman dua orang. Dimaem pake nasi anget plus krupuk, emmm.. udangnya udah manis gurih ditambah bumbu tauco jadi makin gurih, iyes banget lah pokoknya :D

Resep Es sarang Burung dengan Sprite Yang Segar


-
Kalo panas panas begini enaknya bikin minuman yang seger seger bunda.mudah sekali kok caranya kita hanya perlu beberapa bahan saja
untuk es sarang burung ini kita menggunakan minuman kemasan yaitu sprite biar tambah segar
ok langsung saja kita siapkan bahannya



Bahan-bahan yang dibutuhkan
1 bungkus agar-agar warna merah atau sesuai selera bunda
3 sdm gula pasir sesuai selera
1 botol sprite yang besar

Cara membuat es sarang burung sebagai berikut

  • Masak agar dengan 3 gelas belimbing masukkan gula pasir

  • Taruh dalam wadah lalu didinginkan

  • Setelah agar mengeras serut dengan parutan keju

  • Taruh dalam wadah masukkan sprite dingin

  • melon dipotong atau dibikin bulat

  • Satu sendok selasih

  • Sajikan dengan es batu

Nah itulah bunda cara membuat es sarang burung dengan sprite dijamin segar banget.pasti semua suka semoga bisa menambah inspirasi minuman ya bunda terima kasih

Resep Es Lidah Buaya Yang Segar


-
Selamat siang bunda semuanya kali ini saya akan berbagi resep cara membuat es lidah buaya yang seger dinikmati waktu siang hari.simpel sekali kok bunda bahannya pun ada di sekitar kita. Es lidah buaya ini bisa untuk memperlancar BAB lho bunda karena banyak mengandung lidah buaya nya. yuk langsung saja kita buat



Bahan-bahan yang dibutuhkan

100 gram lidah buaya
1 lembar daun pandan
1 buah jeruk nipis
Sesuai selera gula pasir
Selasih (rendam hingga mengembang)
Sirup cocopandan
Es batu

Cara Membuat es lidah buaya
  1. Kupas lidah buaya lalu potong dadu. Bersihkan hingga lendirnya hilang (saya sampai 6-7 kali cuci ) biar kasat.

  2. Rebus potongan lidah buaya ke dalam air mendidih kurang lebih selama 20 menit, tiriskan.

  3. Rebus gula pasir dengan air dan pandan, lalu masukkan sirup cocopandan nya.

  4. Diamkan hingga dingin.

  5. Masukkan potongan lidah buaya yang ditiriskan tadi, kemudian tuang sirup nya, lalu masukkan biji selasih yang sudah mengembang.

  6. Sajikan dengan es batu.
Nah itulah bunda resep cara membuat es lidah buaya yang segar dan mantap.Semoga bermanfaat ya bunda dan menambah referensi minuman kita

Resep Karedok Khas Bandung Yang Maknyus


-
Kalau bunda sudah pernah ke bandung belum lengkap kalau ngga mencoba karedok khas bandung.karedok ini terdiri dari sayuran yang segar bunda.bahannya pun mudah didapatkan. Orang sunda suka sekali sayuran sebagai lalapan.Emang cocok karedok ini dinikmati bersama nasi hangat dan sangat menggugah selera makan.

karedok

Bahan-bahan yang dibutuhkan Bumbu ulek
3 buah cabe rawit merah
3 buah kencur
2 siung bawang putih
2 sendok makan kacang tanah yang sudah digoreng
secukupnya Gula merah
secukupnya Garam dan air
Bawang goreng
Sayuran dipotong - potong
Kacang panjang mentah dicuci dan dipotong kecil
Timun dibersihkan dan dipotong kecil atau sesuai selera
Kol dibersihkan dan diiris
Segenggam taoge yang sudah dicuci dan dibersihkan

Cara membuat karedok
  1. Bawang putih,cabe rawit merah, kencur,garam,dan sedikit bawang goreng diulek sampai halus.

  2. Saat sudah mulai setengah halus masukan kacang tanah goreng.

  3. Ulek lagi hingga kacang tanah hancur.

  4. Setelah itu campurkan gula merah,ulek lagi.

  5. Saat gula merah halus tambahkan air sedikit. Aduk. Periksa rasa apakah sudah pas.

  6. Selanjutnya sayur yang telah dipotong masukan dalam ulekan tadi.

  7. Tekan sedikit lalu aduk hingga menyatu dengan bumbu kacang. Karedok jadi.

  8. Dalam penyajiannya taburi bawang merah goreng.
Itulah bunda cara bikin karedok khas bandung yang enak. simple sekali kan cara membuatnya.karedok ini juga pas dimakan dengan campuran nasi hangat yang bisa menambah selera makan bunda. selamat mencoba ya bunda semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah referensi masakan bunda. Terima kasih

Resep Martabak Telur Spesial dan Cara Membuatnya


-
Salah satu kuliner dan jajanan yang sangat terkenal di Indonesia & sanggup ditemukan hampir di seluruh daerah negara kita merupakan Resep Martabak. Ya, dengan mudah kita temukan penjual martabak telur, martabak manis dan martabak kecil. Bahkan saat ini, beberasa resep turunan dari masakan satu ini, seperti resep martabak tahu, martabak telur tahu & resep martabak mie pun poly dicari orang. Seperti resep yg lain, kunci cara membuat martabak yg lezat   & lezet selain isinya adalah cara menciptakan kulit martabak. Tentu saja, isinya pun jua krusial, seperti daging cincang, daun bawang & yg lainnya.
Seperti resep martabak yg lain, kunci menurut menciptakan resep martabak telur yang enak & lezat   terletak dalam cara pengolahan & bahan bahan yang dipakai. Tidak misalnya martabak manis yang hanya membutuhkan campuran kulit martabak, selain membutuhkan kulit martabak yg berkualitas cantik, cara menciptakan martabak telur khas  lezat   jua memerlukan adonan isi martabak yg pas. Pada umumnya, penjual martabak yang umumnya kita jumpai menggunakan daging cincang & banyak sekali bumbu lain untuk bahan isiannya. Selain itu, umumnya mereka menggunakan telur bebek buat mencampur isian ke kulit matabaknya, tetapi jika teman sahabat mau, telur bebek sanggup diganti dnegan telur ayam, cuma butuh telur yang lebih poly mengingat ukurannya yang beda.
Mungkin teman teman beranggapan kalau dengan gampang sanggup beli di penjual martabak telur dekat rumah, kenapa wajib  repot repot membuatnya sendiri. Buat teman teman yang super sibuk mungkin hal ini tepat, tetapi jika sahabat teman punya sedikit saat kenapa nir kita belajar cara menciptakan kuliner ini sendiri pada tempat tinggal  ? Selain tentu lebih berhemat, kita bisa sedikit berkreasi menggunakan resep martabak telur yg akan kita buat, seperti menambahkan rabat jamur, mengubah daging cincang menggunakan seafood, daging ayam atau yg lainnya tergantung kesukaan. Tetapi buat kali ini, kita akan menciptakan martabak telur sederhana dengan isi daging cincang.

Bahan & Bumbu Resep Martabak Telur Sederhana Spesial


  1. Bahan primer yg diperlukan merupakan tepung terigu yg mempunyai kandungan protein sedang lebih kurang sebanyak 200 gram saja (bahan kulit martabak).
  2. Garam dapur beryodium secukupnya atau sekitar sebesar 1/4 hingga setengah sendok kecil atau sendok teh.
  3. Air bersih secukupnya atau lebih kurang sebanyak 140 ml.
  4. Telur ayam 1 butir buat membuat kulit martabaknya.
  5. Minyak secukupnya buat menggoreng martabaknya nanti & 50 gr minyak buat adonan bahan campuran kulitnya.
  6. Daging sapi cincang kecil kecil atau mampu juga menggunakan daging giling lebih kurang sebanyak 200-250 gram saja.
  7. Daun bawang segar kualitas cantik lebih kurang sebanyak 3-lima batang ukuran sedang akbar. Cuci higienis sebelum digunakan & iris halus halus buat isi martabaknya.
  8. Bawang putih berukuran sedang akbar sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya lalu cincang bawang putihnya hingga benar benar halus buat bahan isi martabak.
  9. Bawang bombay ukuran sedang besar  kualitas bagus sebesar 1 buah pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris halus buat isi martabak.
  10. Bawang merah lokal berukuran sedang besar  sekitar sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya lalu iris iris halus/rajang buat bahan isian martabaknya nanti.
  11. Lada serbuk atau halus secukupnya sinkron kesukaan atau sekitar sebesar 1/2 sendok mini  .
  12. Garam dapur beryodium dan bumbu penyedap rasa secukupnya.
  13. Telur bebek atau telur ayam secukupnya atau kurang lebih sebanyak 4 pcs buat menciptakan adonan diatas (1-dua buah per porsi).


Cara Membuat Martabak Telur Sederhana


  1. .Langkah pertama merupakan menciptakan kulit martabaknya.
  2. Ambil satu wadah berukuran sedang akbar. Masukkan tepung gandum protein sedang yang sudah dipersiapkan dan garam dapur beryodium. Aduk aduk rata sampai ke 2 bahan tercampur homogen.
  3. Pecahkan satu buah telur & tambahkan ke campuran tepung diatas. Aduk mixer sampai tercampur rata.
  4. Masukkan air bersihnya sedikit-sedikit sambil diaduk mixer menggunakan tangan/diuleni sampai adonan menjadi kalis. Tambahkan air bila diperlukan.
  5. Bagi campuran menjadi 2 bagian lalu bentuk menjadi bulatan. Olesi bagian luar adonan dengan minyak kemudian pisahkan sebentar atau sekitar selama 10-13 mnt.
  6. Lapis bagian luar campuran kulit martabak menggunakan minyak lagi lalu taruh pada baskom dan tutup menggunakan kain selama kurang lebih satu jam.

Langkah kedua merupakan menciptakan isi martabaknya.


  1. Siapkan penggorengan & beri minyak sedikit saja.
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih dan bawang bombay yang telah pada rajang halus. Aduk aduk sementara waktu sampai tercium bau harum.
  3. Masukkan daging cincang atau daging giling yg telah dipersiapkan ke dalamnya. Aduk mixer semua bahan supaya tercampur rata hingga daging relatif matang.
  4. Masukkan daun bawang & lada halus. Aduk aduk rata dan tumis lagi seluruh bahan sampai daging cincang matang.

Langkah terakhir merupakan membuat martabak telurnya.


  1. Ambil satu campuran kulit dan pipihkan menggunakan cara menekan menggunakan telapak tangan relatif memutar hingga adonan melebar.
  2. Pegang ke 2 ujung campuran kulit kemudian putar menurut kiri kekanan sampai adonan melebar lagi. Lakukan berulang sampai didapat lebar yang diinginkan dan campuran kulit martabak menjadi tipis.
  3. Ambil bahan isian martabak secukupnya atau kira kira setengah bagian. Masukkan ke dalam kocokan telur dan masukkan garam dapur, bumbu penyedap rasa apabila senang, aduk rata kocok sampai rata.
  4. Tuang isian martabak ke atas kulit martabaknya.
  5. Ambil bagian ujung kulit dan lipat ke tengahnya hingga tertutup rata. Goreng martabak dan bolak balik  sampai matang & berwarna kecoklatan.

Bagaimana dari teman teman cara menciptakan martabak telur diatas? Cukup sederhana bukan? Memang buat menciptakan kulit martabaknya sedikit membutuhkan waktu yang agak lama  , namun sebenarnya cukup sederhana bukan. Selain lebih menghemat, membuat Resep Martabak Telur Spesial tentu lebih mengasyikkan buat membuatnya sendiri pada rumah. Untuk ide yg lain, silahkan mencoba Resep Martabak Mie Sosis & Resep Martabak Manis Holand Keju Coklat. Selamat mencoba martabaknya & ingat share pula ke famili atau teman lain ya

Resep Nasi Bakar Ayam Jamur Yang Menggugah Selera


-
Selamat pagi Bunda bagaimana kabar hari senin ini? saya akan berbagi resep cara membuat nasi bakar ayam jamur yang enak dan mantap.Nasi ayam jamur ini hampir mirip dengan arem arem tapi lebih besar bunda dan isinya pin lebih banyak jadi kalau dimakan satu orang sudah kenyang. Ok langsung saja kita persiapkan bahan bahannya



Bahan Bahan yang dibutuhkan untuk resep ayam bakar ini
  • Bahan nasi

  • 2 cup nasi

  • 1 batang sereh yang digeprek

  • 2 lembar daun salam

  • 2 lembar daun jeruk

  • 3 ikat daun kemangi

  • Cabe rawit secukupnya direbus sebentar

  • Garam dan gula

  • Untuk bumbu halus 5 bawang merah

  • 1 bawang putih

  • 1 sdt ketumbar

  • 10 cabe keriting merah dan 4 buah cabe rawit
Cara membuat nasi bakar ini sebagai berikut
  1. Masak nasi seperti biasa lalu sisihkan biar matang

  2. tumis bumbu halus dengan laos,serai,salam dan  daun jeruk hingga matang

  3. tambahkan ayam suwir dan jamur kemudian aduk hingga jamur layu kemudian koreksi rasa teruskan mengaduk sampai layu kemudian masukan daun kemanginya

  4. Tata nasi pada daun pisang kemudian beri tumisan ayam jamur diatas nasi tersebut dan cabe rawit rebus 1 buah ditengahnya

  5. Gulung seperti lontong dan pinggirnya ditusuk menggunakan tusuk gigi atau yang lainnya

  6. Kemudian bakar nasi diatas pan panas hingga daun berwarna kecoklatan
Itulah bunda resep nasi bakar ayam jamur yang simpel mudah bukan.Nasi bakar ini hampir mirip dengan nasi timbel khas jawa barat cuma kalau yang kita bikin ini isinya bervariasi.Nasi ayam timbel ini cocok untuk sarapan di pagi hari dan disajikan dalam keadaan hangat ya bunda.